Gerakan Senam Yoga Bagi Ibu Hamil

Menggabungkan gerakan yoga, pilates , hypnotheraphy, dan tai chi menghasilkan perpaduan gerakan fisik dan tarikan napas yang khas. Gabungan gerakan ini menghasilkan jenis senam bernama Yophyta Materna, yang cocok untuk ibu hamil. Pencetus senam ini adalah Anmum Fonterra Brands Indonesia.

Dengan senam Yophyta Materna, menurut Brand Manager Anmum System Fonterra Brands Indonesia, Dr Muliaman Mansyur, menjadikan ibu hamil akan terlihat sehat, segar, dan memudahkan persalinan.

Muliaman menjelaskan senam hamil Yophytta Materna merupakan suatu perpaduan gerakan harmonis dari yoga, pilates, hypno teraphy serta tai chi. Yoga merupakan sistem kesehatan yang bersifat holistik baik jiwa, pikiran dan tubuh yang dilakukan dengan sistem gerak yang halus tidak menghentak dengan paduan pernafasan yang harmonis.

pilates  adalah serangkaian perpaduan gerak dari kebijakan kuno dan modern yang memberikan kontrol penuh pada tubuh, pikiran dan jiwa yang dilakukan dengan gerak nafas.

Hypnotherapi yaitu suatu therapi pola pikir dengan menggunakan kata-kata yang dapat mengubahmood dengan mengkondisikan mental dan fisik agar bisa fokus, rileks, yakin, tenang dan aman dan semuanya dalam keadaan sadar sepenuhnya.

Sementara itu, tai chi merupakan perpaduan gerakan yang membutuhkan konsentrasi penuh dengan mengatur sistem pernapasan bersifat lembut untuk menghasilkan energi yang positif.

Dengan melakukan senam hamil Yophytta secara teratur, tubuh menjadi sehat, bugar dan dapat mempermudah proses persalinan. Di samping itu, senam ini juga dapat meningkatkan kepercayaaan diri semasa proses kehamilan dan setelah melahirkan sehingga bayi akan lahir, tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Senam hamil ini dapat dilaksanakan oleh ibu yang dinyatakan sehat secara medis, dan minimal dilakukan pada usia kehamilan 5 bulan. Muliaman menjelaskan, senam yophitta  bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir positif, menjaga kestabilan emosi, menghilangkan stress, mengurangi keluhan yang muncul selama hamil (sakit pinggang, nyeri sendi, termasuk morning sickness).

Selain itu, senam ini memperkuat elastisitas otot dasar panggul dan dinding perut yang berperan pada kehamilan dan persalinan, meningkatkan rasa percaya diri dan yang paling penting dengan senam ini ikatan ibu dan bayi semakin meningkat sehingga ibu selalu merasa bahagia.

Meski demikian, Muliaman tetap menganjurkan ibu hamil yang melakukan senam tetap mengonsumsi asupan gizi yang baik, tepat dan seimbang, salah satunya adalah folat, guna mengoptimalkan perkembangan janin sekaligus mendukung kesehatannya sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: