Gerakan Dasar Senam Hamil

Pada dasarnya,senam hamil melatih otot panggul dan otot di sekitar vagina. Ibu yang pertama kali hamil,serta ibu yang pernah mengalami kesulitan dalam persalinan atau melahirkan anak prematur dianjurkanmengikuti  senam hamil. Sebelum melakukan gerakan ini, calon ibu harus berkonsultasi dengan instruktursenam hamil.Usia kehamilan yang direkomendasikan senam  hamil adalah minimal 8 bulan. Sebelum dan sesudah senam dilakukan, biasanya perawat atau bidan akan mengukur tekanan darah serta denyut bayi.
MELATIH TANGAN DAN PUNGGUNG ATAS
Lakukan 5 kali- Rentangkan tangan lurus di atas kepala, kedua telapak tangan saling berhadapan. Tahan sedikitnya 20 detik.- Turunkan tangan ke sisi badan, punggung atas tetap lurus.- Regangkan kedua tangan ke belakang sejauh mungkin.
MENGANGICAT PANGGUL
– Lakukan sesering mungkin.- Berbaring telentang dengan lutut ditekuk – Bernapaslah lewat hidung dan kencangkan otot perut dan pantat.- Ratakan punggung dengan lantai dan angkat panggul ke atas.- Tahan selama 5 tarikan napas yang dilakukan perlahan.- Rileks dan ulangi.Perhatian: Punggung jangan melengkung dan menggembungkan perut atau mendorong dengan kaki agarpanggul terangkat.
FORWARD SIT-UP
– Berbaring telentang dengan lutut ditekuk.- Ambil napas lewat hidung- Keluarkan sebagian lewat mulut saat Anda mengangkat kepala. Tangan diletakkan di belakang kepala atau

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: